c

“Friday,  we are the traffic” ungkapan yang di cocok untuk menggambarkan semangat dari Komunitas Pekerja Bersepeda Berau Coal setiap hari Jumat. Sepeda dari berbagai merk dan model memadati area parkiran head office pagi itu, hingga merangsuk masuk ke area parkir sepeda motor.

“Hari ini luar biasa, saya bangga menjadi karyawan Berau Coal” ucap Zainal GA Sub Section Head sambil memarkir sepeda kesayangannya,  “Sepanjang jalan saya bertemu rekan sekerja mengayuh sepedanya dengan semangat, apa yang kita kampanyekan selama ini akhirnya didukung oleh perusahaan, semoga kita bisa menjadi aktor perubahan”sambungnya.

Sejak 15 Januari 2015, PT Berau Coal, menerapkan sejumlah terobosan untuk mendukung gerakan hemat energi. Diantaranya menghimbau seluruh karyawannya menggunakan sepeda atau berjalan kaki ke kantor Head Office, minimal sekali dalam sepekan.

“Selain hemat energi juga menekan polusi udara dan banyak manfaat kesehatan lainnya,” kata Kepala Teknik Tambang PT Berau Coal, H. Gatot Budi Kuncahyo.

Dikatakannya, program bersepeda dan berjalan kaki dalam sepekan ini berawal dari sosialisasi perusahaan agar menghemat energi, menjaga keselamatan bumi dan kelestarian lingkungan yang sudah sejak lama menjadi perhatian perusahaan. “Menyikapi sosialisasi ini, ada inisiatif para karyawan agar mengadakan program bersepeda dan berjalan kaki atau lebih dikenal dengan istilah Bike to Work dan Walk to Work yang didukung manajemen PT Berau Coal, kami sangat menyambut baik inisiatif ini dan telah menghimbau ke seluruh karyawan,” jelasnya.

Awalnya sehari dalam sepekan tersebut jatuh pada hari kamis, tapi kini di rubah menjadi hari Jumat,  diharapkan gerakan ini menjadi momentum awal yang mendapat dukungan manajemen. “Hari Jumat merupakan hasil kesepakatan tim dengan mempertimbangkan keefektifan program tersebut, selebihnya terserah karyawan mau bersepeda atau berjalan kaki terus setiap hari atau tidak ” tambah Gatot.

Menurut Gatot, efesiensi program ini pun membuat karyawan lebih hemat biaya dari sisi pemakaian bahan bakar. Secara fisik pun juga lebih sehat yang berdampak pada perubahan perilaku hidup sehat lebih baik.

Ayo Jadi Bagain dari Perubahan Bersama

sepeda (2)“ Ayo ubah kebiasaanmu untuk lebih aktif, agar badan tetap bugar sampai nanti” Kalimat yang menjadi penyemangat wanita yang menjabat sebagai Sekretaris Kepala Teknik Tambang PT Berau, Coal, Marannu Lande. Ibu 3 anak kelahiran Palopo, Sulawesi Selatan 21 Oktober 1973 ini sangat konsisten bersepeda ke kantor.

Ranu, sapaan akrabnya, mengaku sudah terbiasa naik sepeda ke kantor sejak 2004 silam.

Tak heran jika Ranu ini terlihat sehat dan awet muda. “Mungkin karena sering naik sepeda kali,” ujarnya seraya tertawa.

Bukan hanya karena jarak tempuh yang tak terlalu jauh, tapi karena Ranu memiliki perhatian terhadap kelestarian lingkungan dan kesehatan dirinya sendiri dengan berolahraga sepeda.

Setiap hari ia selalu mengayuh sepeda dari rumah di Jl Durian 2. “Saya sengaja naik sepeda ke kantor, yang pertama biar bisa olahraga, karena sebagai seorang karyawan dan ibu rumah tangga sangat sulit bagi saya meluangkan waktu untuk olahraga,” ungkap Ranu.

Manfaat bersepeda pun telah dirasakan Ranu, sehingga ia komitmen menjadikan sepeda sebagai gaya hidupnya. “Saya mulai bersepeda ke kantor dan beberapa tempat lainnya sejak 2004 sebelum menikah, serta konsisten saya lakukan hingga sekarang tapi off dulu pada saat hamil dan melahirkan saja”, tutur istri dari Ishak tersebut.

Ranu mengaku dengan bersepeda badan terasa lebih segar, dan yang paling penting badan bisa tetap ramping. Secara ekonomi juga hemat biaya dan tidak khawatir saat harga Bahan Bakar Minyak (BBM)  naik. Tidak kalah penting, dengan bersepeda, Ranu mengaku lebih fokus dan energik dalam bekerja. “Mungkin karena sudah pemanasan sebelum ke kantor dengan bersepeda makanya jadi nggak ngantuk saat bekerja”, tutup Ranu