c

Kampanye Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) yang dijalankan PT Berau Coal (BC) bekerjasama dengan Radio Manimbora Birama Swara (MBS 103.4 FM) telah mendapat dukungan penuh dari para Project Manager (PM) mitra kerja PT Berau Coal.

Demi mewujudkan K3L, para PM ini secara terjadwal dan terprogram tidak henti untuk terus mengampanyekan betapa pentingnya K3L bagi seluruh pekerja tambang  dalam program Kangen Kamu dan Keluarga (K3) setiap hari Kamis jam 11.00 – 12.00 WITA di Radio MBS 103,4 FM.

Didit Pramudya, PM PT. Sapta Indra Sejati (SIS) site Sambarata PT BC  dalam kampanye K3L-nya mengatakan, bahwa dalam operasional pertambangan, K3L adalah landasan operasional untuk mencapai operasional yang excellent.

Selanjutnya  Amudi Sormin, PM PT. Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) jobsite Binungan – Suaran dalam siarannya menyebutkan, fatigue management yang dilakukan oleh BUMA secara konsisten melaksanakan tes bugar-sehat (sobriety test) pada karyawan yang bekerja pada jam-jam kritis atau berisiko kelelahan, yaitu antara jam 09.00 – 11.00 dan 02.00 – 05.00.

Sebagai kontraktor tambang paling muda yang menjalankan operasional tambang BC di Lati dan Binungan, Mutiara Tanjung Lestari (MTL) turut berpartisipasi mengampanyekan K3L. “Bijaklah terhadap pola aktifitas kerja dan pola istirahat yang sesuai peraturan, agar tetap semangat, sehat dan fokus berkonsentrasi pada pekerjaan”, ujar Handoyo Sujatmiko, Mining Manager PT. MTL.

PT. Ricobana Abadi (RBA) juga turut mengudara mengampanyekan K3L di radio MBS. Mewakili Ardi Sindutomo, PM RBA yang tidak bisa hadir, Hasnullah, Safety Health and Environment (SHE) Section Head RBA mengatakan, bahwa RBA mempunyai program Safety, Health, Environment, Accountability Program (SHEAP), yang pesan intinya “jagalah keselamatan dan kesehatan kerja termasuk cegah terjadinya pencemaran lingkungan. Safety bermanfaat untuk kita dan keluarga kita, bukan semata-mata untuk kepentingan perusahaan”.

Sementara itu, Saridi, Environment Manager PT BC, dalam kampanye K3L-nya mengatakan, kelestarian lingkungan merupakan tanggungjawab kita bersama sesuai porsinya masing-masing. Jaga lingkungan dari hal-hal yang kecil mulai saat ini. Jika kita menghendaki lingkungan ramah kepada kita, maka berbuatlah ramah terhadap lingkungan.

Program Kangen Kamu dan Keluarga (K3) yang disiarkan di Radio MBS 103.4 FM setiap hari Kamis jam 11.00 – 12.00 WITA ini diharapkan dapat menjadi rujukan tentang K3L, karena menghadirkan para pimpinan atau personal yang dapat menjadi panutan dalam bekerja aman di lingkungan operasional PT Berau Coal.

Selain K3, program kampanye K3L di radio MBS yang lain, diantaranya Energi Pagi, Banua Hijau (Ba-Jau), Energi Malam dan pesan keselamatan yang disampaikan “Miss Safety” yang diputar di tengah jeda siaran. (AGS/FSO)