c

TANJUNG REDEB- Setelah membangun permukiman untuk Komunitas Adat Terpencil (KAT) Km 2 Lati, Kampung Sembakungan, PT Berau Coal juga meningkatkan jalan di permukiman tersebut. Jika sebelumnya hanya jalan tanah yang saat hujan mengguyur kondisinya sangat licin dan berlumpur, kini sudah dilapisi batu.

Peningkatan dengan memberi lapisan batu itu untuk menghilangkan kekhawatiran akan terjatuh karena lincin saat melintas di jalan tersebut. Dikatakan Community Relation Officer PT Berau Coal Ali Masnuri, peningkatan jalan di KAT Km 2 Lati, tidak lain agar memudahkan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut.

Pasalnya, selama ini ada sekitar 100 hingga 150 meter jalan di kawasan itu sangat sulit dilintasi masyarakat sekitar. Bukan hanya saat hujan deras saja, walau hanya gerimis jalan tersebut sangat licin, sehingga masyarkat harus menunggu hingga jalan kering jika ingin melintasinya.

Parahnya, jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan untuk menuju rumah warga yang ada di RT 6 Sembakungan itu. Apalagi kawasan itu sangat susah untuk mendapatkan air bersih.

“Untuk mendapatkan air bersih, rumah-rumah yang ada di situ harus melewati gunung di jalan tersebut. Makanya selama ini kalau sudah hujan atau gerimis saja, mereka susah mendapatkan air,” ungkapnya.

Bukan hanya untuk memperoleh air bersih saja, jika jalan tidak dilakukan perbaikan, seluruh warga yang tinggal di Km 2 Lati akan kesulitan membawa anak mereka ke sekolah.

“Termasuk kalau ada yang sakit, penyakit kan tidak bisa diprediksi dan ditunda. Khawatirnya nanti ada warga sakit, sedangkan kondisi jalan cukup membahayakan juga bagi pengendara,” jelasnya.

Saat ini, peningkatan jalan telah selesai dilakukan, sehingga warga yang tinggal di Km 2 tidak perlu lagi khawatir untuk melintas saat turun hujan. “Pekerjaannya juga sudah selesai, hari Jumat pagi dimulai pekerjaannya, sorenya sudah selesai,” tuturnya.

Sementara, Deputy Project Manager PT Ricobana Abadi, Heru Hendarto, menjelaskan dalam peningkatan jalan di KAT Km 2 Lati, tidak menemui kendala. Sebab cuaca juga mendukung sehingga pengerjaannya bisa berlangsung cepat. Dalam peningkatan jalan ini, pihaknya mendukung dengan meminjamkan satu unit kompresor.

Sementara itu, Ketua RT 6 Kampung Sembakungan, Siham, mengaku peningkatan jalan memang sangat dibutuhkan warganya. Dijelaskannya, sebelumnya jalan di KAT Km 2 tersebut sangat berbahaya jika dilintasi saat hujan turun. “Kalau jalanan bagus, kan warga menjadi lebih mudah untuk melakukan aktivitas,” jelasnya. FSO