Universitas Gadjah Mada (UGM) menandatangani nota kesepahaman bersama dan perjanjian kerja sama dengan tiga mitra dalam percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Berau. Tiga mitra tersebut adalah Pemerintah Kabupaten Berau, Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, serta Yayasan Konservasi Alam Nusantara. Kerja sama yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Berau melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk program Pejuang SIGAP Sejahtera (PSS). Upaya peningkatan kualitas SDM dilakukan melalui fasilitasi tata kelola pemerintahan kampung, fasilitasi tata kelola sumber daya alam, dan fasilitasi pengembangan ekonomi kampung.

Wakil Rektor UGM bidang Kerja Sama dan Alumni, Prof. Dr. Paripurna, S.H.,M.Hum., menyambut baik kerja sama yang dilakukan. Menurutnya, perjanjian kerja sama yang dilakukan dalam lingkup yang sangat luas dan bernilai besar untuk memajukan masyarakat.

“Kerja sama ini mendukung percepatan pembangunan masyarakat sekaligus mendukung kelestarian lingkungan dan ini sejalan dengan tujuan SDGs. Oleh sebab itu, kami menyambut baik dan berterima kasih sudah diberikan kepercayaan bekerja sama,”katanya.

Governance Senior Manager Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Ir. Niel Makinuddin, M.Sc mengapresiasi kerja sama karena melibatkan 4 pihak antara pemerintah akademisi, swasta dan LSM. Kerja sama ini sangat strategis karena memperkuat tata kelola dan kapasitas dari unit terkenal yakni kampung. “Harapannya UGM bisa mengomunikasikan ke level nasional. Lewat kerja sama ini juga diharapkan tidak hanya menciptakan nilai ekonomi tapi juga menciptakan hal baru yang bisa menarik kaum milenial kembali ke kampung,” kata dia.

Ketua Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal, Horas Parsaulian Pardede, menuturkan dukungan pada program PSS merupakan salah satu bentuk program CSR perusahaan untuk pengembangan ekonomi masyarakat Berau. Program PSS ini telah dimulai sejak tahun 2019 lalu. “Harapannya di tahun kedua ini bisa lebih bagus dan kerja sama 4 pihak ini adalah hal positif semoga bisa terus berlanjut,” ucapnya.

Harapan senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Berau, H. Ilyas Natsir, M.M. Dia berharap kerja sama bisa berjalan dengan baik dalam upaya peningkatan kualitas dan kapasitas masyarakat Berau.

Sumber: http://kak.ugm.ac.id/