Sejumlah pencinta olahraga golf saat berada di lapangan golf Binungan.

Komisi III DPRD Berau yang juga membidangi keolahragaan, turut mendorong pihak ketiga (swasta) ikut berkontribusi mensukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 mendatang di Berau.

Salah satunya PT Berau Coal yang diminta cabang olahraga (cabor) golf untuk bisa membantu meningkatkan sarana dan prasarana lapangan golf di Site Binungan, yang dianggap cukup representatif untuk penyelenggaran ajang empat tahunan tersebut.

Ketua Komisi III DPRD Berau, Sa’ga mengatakan, pada dasarnya pihaknya juga sangat berharap pihak swasta dalam hal ini PT Berau Coal bisa merealisasikan keinginan cabor golf tersebut. Sehingga menghindari adanya pelaksanaan cabor yang dipertandingkan tidak dilakukan di luar daerah.

“Sebagai tuan rumah tentu berharap semua cabor yang dipertandingkan bisa digelar di Berau. Maka itu pihak terkait (PT Berau Coal) diharapkan bisa bantu memfasilitasi dan mendukung penuh keinginan cabor golf, terutama peningkatan lapangan di Site Binungan itu,” ujar Sa’ga kepada Berau Post. 

Terpisah, Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau, Wendy Lie Jaya menambahkan, dalam hal ini pihaknya hanya bisa mengimbau. Meski berharap besar agar pihak swasta terutama PT Berau Coal mampu melakukan peningkatan sarana dan prasarana lapangan golf di Site Binungan. Sesuai yang diharapkan pengurus golf Berau dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau.

“Sebagai pihak swasta tentu kami harapkan mereka juga bisa ikut berperan serta untuk dapat mensukseskan Porprov 2022,” tutur Wendy.

Namun menurutnya, kalau pun dianggap berat dilakukan pihak terkait karena keterbatasan sesuatu hal lainnya, mau tidak mau dicarikan alternatif lain. Tapi pada dasarnya dengan adanya kehadiran pihak swasta di Berau ini juga harus memberikan kontribusi yang nyata. Bisa dikatakan kemajuan untuk kota Berau. Baik itu dari sisi ekonomi maupun sisi olahraga ini.

“PT Berau Coal bisa ikut mensukseskan Porprov 2022 salah satunya dengan melengkapi fasilitas lapangan golf itu sesuai standar. Sehingga bisa dipakai saat pelaksanaan Porprov nanti,” bebernya.

Karena diketahui, saat ini lapangan golf yang dibangun di atas lahan eks tambang batu bara tersebut sudah 18 hole. Namun baru 9 hole yang bisa dipakai untuk bermain. Sehingga tahun ini PT Berau Coal diharapkan bisa mulai melengkapi fasilitas bermain untuk 18 hole yang standar untuk turnamen amatir. Hingga perbaikan club house untuk para atlet dan ofisial. (*/LFF)

Sumber: Prokal.co