PT Berau Coal gelar agenda Enviro Goes To School bertemakan “Pengelolaan Lingkungan Pertambangan” di SMA 4 Berau, Jalan Bukit Berbunga, Kecamatan Sambaliung, Rabu (15/6/22).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dalam rangkaian acara perayaan Hari Lingkungan Hidup sedunia PT Berau Coal Tahun 2022. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan Bersih Sungai dan Penanaman Bersama dengan menggandeng Kelurahan Sambaliung, serta beberapa kompetisi di lingkungan internal perusahaan.

“Hari ini adalah lanjutan agenda tersebut. Kita roadshow ke beberapa sekolah di Berau untuk melakukan sosialisasi terkait pengelolaan lingkungan pertambangan di area operasional PT Berau Coal,” Jelas Yudi Kristian, Environment Suprintendent PT Berau Coal.

Dikatakannya, setelah dua priode vakum dalam kegiatan akibat pandemi Covid-19, dengan proses transisi dan adaptasi serta masih terikat dengan protokol kesehatan, tahun ini ada empat sekolah yang menjadi target roadshow.

“Sudah mulai sejak Senin (13/6/22) kemarin. Pertama SMA Negeri 1 kemudian SMK Negeri 1, sekarang SMA Negeri 4 dan terakhir akan ke SMA PGRI,” terangnya.

“Ini juga bagian edukasi ke masyarakat, dalam hal ini teman–teman dari pelajar. langkah ini merupakan salah satu cara memberikan edukasi kemereka, khususnya pengelolaan lingkungan pertambangan. Sehingga informasi pengelolaan lingkungan pertambangan bisa diterima, agar tidak terjadi miss informasi,” tambahnya.

Dirinya menambahkan, pihaknya ke depan akan mengagendakan beberapa kegiatan seperti seminar dan webinar yang dikhususkan bagi karyawan. Beberapa agenda akan dikemas sedemikian rupa dengan masing-masing target sasaran.

“Tentu dengan melibatkan berbagai pihak diantaranya masyarakat, bekerjasama dengan pemkab Berau dan karyawan di internal perusahaan juga,” ucapnya.

Yudi berharap, dengan terlaksananya roadshow ke sekolah-sekolah, dapat menjadi bekal informasi pengelolaan lingkungan pertambangan PT Berau Coal sesuai kaidah yang benar.

“Kembali lagi kita berbagi informasi kepada masyarakat khususnya pelajar agar tidak ada miss informasi yang mereka terima,” tandasnya.

Sementara itu, mewakili Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Berau, Datu Hermanto mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Berau Coal sangat positif dengan menyasar sekolah SMA Negeri 4 Berau ini. Dengan memberikan materi terkait pengelolaan lingkungan pertambangan yang kebanyakan dari siswanya masih kurang dalam mendapatkan Informasi.

“Selama ini kan mereka masih bimbang apakah tambang tersebut merusak atau seperti apa. Tetapi setelah mendapatan penjelasan hari ini, wawasan para siswa jadi terbuka, ” bebernya.

Dengan pembelajaran yang diberikan, ia berharap para murid dapat bertambah ilmu baru terkait pengelolaan lingkungan dari pertambangan di Bumi Batiwakkal.

Kemudian, Ketua OSIS SMA Negeri 4, Andi Fauziah mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan PT Berau Coal menjadi tambahan ilmu baru bagi pelajar di SMA 4 Berau.

Menurutya, selama ini para pelajar masih kurang dengan informasi dari kegiatan apa saja yang dilakukan pihak PT Berau Coal dalam mengelola lingkungan di pertambangan.

“Dengan sosialisasi ini kami jadi tahu bagaimana step by step proses penambangan dan perawatan lingkungan yang sudah dilaksanakan PT Berau Coal dalam menjaga lingkungan dan ekosistem di dalamnya,” ucapnya.

Fauziah mengucapkan terimakasih dengan apa yang dipaparkan oleh narasumber. Karena pengetahunan yang diberikan merupakan sesuatu yang jarang didapatkan di sekolah.

“Terimakasih atas kegiatan yang dilaksanakan PT Berau Coal hari ini. Saya senang dan sangat merasa beruntung bisa menjadi salah satu peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Dari tidak tahu tentang kegiatan dari perusahaan tambang, sekarang saya menjadi tahu. Penambangan itu bukanlah merusak, tetapi tergantung dari pemanfaatannya dan penanganannya,” pungkasnya. (*/Iqb)

Sumber: Portalberau.online, 15 Juni 2022