Bupati Lepas 36 Karyawan ke TC Nasional

TANJUNG REDEB – PT Pamapersada Nusantara Distrik Berau terus berkomitmen dalam menyerap tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau. Salah satunya dengan kembali mengirim sebanyak 36 karyawan operator dan mekanik fresh training ke Training Center (TC) Nasional. Serta telah merekrut sebanyak 18 operator yang sudah dinyatakan lulus.

Dari sebanyak 36 karyawan itu, di antaranya 28 operator dan 8 mekanik, secara resmi telah dilepas oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih di kantor Disnakertrans Berau, kemarin (7/2).

Dalam acara lepas sambut ini, turut hadir Kepala Disnakertrans Berau, Junaidi, Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir, Kepala Kampung Gurimbang, Tanjung Prangat dan Sukan. Serta perwakilan PT Berau Coal, manajemen PT Pamapersada Nusantara juga PT Tantabuan Adhi karya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada segenap jajaran Disnakertrans Berau serta PT Pamapersada Nusantara. Karena telah mampu melakukan kegiatan positif ini demi percepatan dan pembangunan kualitias dan kesejahteraan sumber daya manusia (SDM) di Berau.

“Sebanyak 28 operator dan 8 mekanik dilepas untuk diberangkatkan ke TC nasional PAMA di Kalimantan Tengah. Kemudian sebanyak 18 peserta yang telah dinyatakan lulus¬†training,¬† selanjutkan akan ditempatkan dan bekerja di PT Pamapersada,” ujarnya, kemarin (7/2).

Menurutnya, adanya penerimaan dan pelatihan yang dilakukan PAMA tentu suatu yang membanggakan, apabila seluruh peserta merupakan warga asli Bumi Batiwakkal. Program yang diselenggarakan oleh PAMA ini sejalan dengan komitmen Pemda Berau dalam peningkatan SDM di Berau, terutama para generasi pencari kerja.

“Diketahui bersama bahwa program pengembangan SDM biasanya terhambat oleh faktor pendanaan yang  terbatas. Sementara jumlah pencari kerja setiap tahunnya terus bertambah,” jelasnya.

Karena itu lanjut Sri, diperlukan inisiatif maupun peran serta perusahaan untuk melatih para pencari kerja, seperti yang dilakukan PAMA. Sehingga perlu didukung penuh dan diharapkan dapat berkelanjutan.

Dirinya pun berharap, agar perusahaan lainnya di Berau turut dapat melaksanakan pelatihan dan pengembangan SDM lokal di Berau. “Seperti yang telah dilakukan oleh pihak PAMA ini. Tentunya ini juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Project Manager PT Pamapersada Nusantara, Sigit Nugroho menerangkan, pihaknya telah empat kali melakukan perekrutan dalam rangka penyerapan tenaga kerja lokal di Berau. Kali ini pihaknya menerima 18 orang yang telah lulus masa training atau pelatihan untuk bekerja di PT Pamapersada Nusantara site Gurimbang sebagai operator.

Sementara 28 orang operator dan 8 mekanik akan melanjutkan training ke tingkat nasional di Kalteng. “Jadi total ada 54 orang. Sudah termasuk empat orang lainnya yang diambil dari mitra kerja yang lolos promosi,” terang Sigit.

Pihaknya pun berkomitmen untuk terus melakukan rekrutmen dan tidak membatasi serapan tenaga kerja lokal di Kabupaten Berau, hingga semua posisi terpenuhi.

Selama pelatihan, semua peserta akan diberikan pelatihan mulai dari latihan mental, pengoperasian alat, safety hingga operator. Tujuannya supaya setelah training bisa menjadi SDM yang siap kerja.  “Bagi yang belum diterima bisa mendaftar pada batch berikutnya, sesuai kualifikasi yang dicari,” katanya.

Selain itu, dalam proses perekrutan ini tidak lepas dari kolaborasi dengan PT Berau Coal. Untuk itu, pihaknya juga berterimakasih kepada PT Berau Coal karena telah mendukung dan memberikan arahannya, demi lancarnya proses rekrutmen. Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan  kepada Pemkab Berau atas dukungannya selama proses rekrutmen.

“Alhamdulillah, proses rekrutmen berjalan lancar. Sehingga, apa yang kita inginkan untuk pemberdayaan SDM di  Berau bisa terlaksana dengan baik,” jelasnya.

Terpisah, Human Capital & General Service Dept. Head, Setia Agung Laksono menambahkan, kegiatan lepas sambut ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan sebelumnya yang sudah digelar PT Pamapersada. Setidaknya  ada empat kali rekrutmen yang sudah berjalan. Tiga di Site Gurimbang dan satu di site Binungan.

“Kami juga berpesan kepada seluruh peserta yang berangkat training center nasional untuk mengambil ilmu sebanyak mungkin, dan bisa menjalankan kewajibannya sebagai karyawan nantinya,” tutur Agung.

Tentunya, dengan rangkaian rekrutmen yang sudah dilakukan PAMA ini, juga menjadi salah satu kebijakan yang sangat baik. Untuk komitmen pihaknya  terhadap tenaga kerja lokal. Program rekrutmen ini tentu saja tidak akan berhenti sampai di sini. Karena ke depan PAMA pun juga akan terus menjalankan program-program pelatihan seperti ini. “Dan akan terus melakukan rekrutmen terhadap tenaga kerja lokal di Berau,” ucapnya.

Komitmen berkesinambungan itu jua lah nanti harapannya bisa menjadi komitmen PAMA untuk menyerap tenaga kerja lokal. Sesuai arahan dari bupati Berau. “Jadi memang harapannya bisa terus bertambah, karena memang PAMA site Gurimbang juga project masih terbilang baru, 2020 lalu,” tutupnya.

sumber: https://berau.prokal.co/